Saturday 6 February 2010

Motivasi Wirausaha

Faktor-faktor motivasi wirausaha:
Banyak faktor yang dapat memotivasi seseorang menjadi wirausaha, salah satunya adalah dengan memahami apa yang orang butuhkan. Orang dapat dimotivasi oleh apa saja, tetapi tidak semuanya dapat dimotivasi dengan sesuatu yang sama. Kita bias melihat bagamana orang Jepang yang pada awalnya sangat tertinggal kini mampu menandingi negara maju seperti Amerika serikat sekalipun.
Menurut Kao (1995), ketertinggalan wirausaha AS dibandingkan wirausaha Jepang dikarenakan faktor motivasi yang dominan pada diri orang AS adalah semata-mata karena keinginan untuk mendapatkan profit dan seberapa besar return yang dapat diberikan kepada para pemegang saham. Sementara wirausaha Jepang, dimotivasi tidak saja oleh faktor-faktor yang menguntungkan (alasan positif) tetapi juga faktor yang tidak menguntungkan (alasan negatif) sehingga memaksa mereka untuk bekerja keras.

Russell M. Knight (1983), di Kanada juga menyimpulkan hal yang sama. Di mana wirausaha utamanya tidak dimotivasi oleh financial incentive, tetapi oleh keinginan untuk melepaskan diri dari lingkungan yang tidak sesuai, di samping guna menemukan arti baru bagi kehidupannya.
Faktor-faktor motivasi tersebut dapat diringkas sbb:
The foreign refugee
The corporate refugee
The parental (paternal) refugee
The feminist refugee
The housewife refugee
The society refugee
The educational refugee

Di Indonesia pada dewasa ini, yang mendorong seseorang menjadi wirausaha adalah karena:
Sulitnya mendapatkan pekerjaan formal.
Lingkungan ekonomi dan sosial kehidupan masyarakat.
Pemutusan hubungan kerja.
Pendapatan yang diperoleh sebagai PNS tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarganya.
Ingin memperlihatkan kemampuan prestasinya.

No comments: